logo
Selamat datang di ChemDry Indonesia - Drier, Cleaner, Healthier

Artikel

Tips sederhana untuk Membersihkan Noda di Karpet

Tips sederhana untuk Membersihkan Noda di Karpet

Apakah anda menggunakan karpet sebagai penutup lantai? Karpet merupakan salah satu bahan favorit yang digunakan sebagai penutup lantai yang terbuat dari serat benang yang ditenun sehingga lembut jika diraba oleh tangan. Karpet juga dapat menambah keindahan dalam ruangan.

Bagaimana jika karpet anda terkena noda kotoran yang tidak dikehendaki? Tentu saja noda tersebut akan membuat tampilan karpet anda menjadi tidak enak dipandang. Selain tidak enak dipandang, noda juga menimbulkan kesan kotor pada ruangan anda dan membuat anda tidak betah berdiam lama di ruangan tersebut.

Berbagai cara mungkin pernah anda lakukan untuk menghilangkan noda kotoran di karpet. Berikut ini adalah beberapa tindakan sederhana yang dapat anda lakukan untuk membersihkan noda di karpet.

1. Jika terkena tumpahan cairan seperti minuman kopi, susu, teh, Segera serap tumpahan cairan sebanyak mungkin dengan kain atau handuk bersih. Kemudian teteskan air bersih (suhu ruangan) di sekitar area yang terkena noda, tekan – tekan lembut untuk menyerap sebanyak mungkin. Noda yang berupa cairan jangan di gosok, karena akan membuat noda cairan tersebar dan menyebabkan lebih banyak permukaan karpet yang terkena noda.

2. Jika noda masih tampak pekat, ambil segelas air hangat dan tuangkan air hangat tersebut di bagian karpet yang terkena noda. Serap dan tekan-tekan permukaan karpet yang terkena noda dengan kain atau handuk bersih. Ulangi beberapa kali hingga noda cairan yang menempel di permukaan karpet menjadi hilang atau samar.

3. Jika noda tetap pekat, anda dapat membuat larutan pembersih dengan melarutkan sedikit sabun cuci tangan yang lembut ke dalam segelas air. Aduk hingga merata, kemudian tuangkan larutan pembersih ke atas noda. Gunakan spons atau kain handuk bersih untuk menyerap noda cairan sebanyak mungkin. Hindari kegiatan menggosok noda dengan sikat, cukup gunakan tekanan dari tangan anda untuk menyerap kotoran sebanyak mungkin. Ulangi hingga noda menjadi hilang atau samar.

4. Jangan menggunakan bahan pemutih, thinner, ataupun bahan kimia berbahaya untuk membersihkan noda kotoran, karena dapat merusak warna karpet. Anda tentunya tidak ingin karpet anda yang pada mulanya indah menjadi pudar ataupun luntur, oleh karenanya hindari penggunaan pemutih, thinner ataupun bahan kimia yang dapat merusak warna benang.

5. Jika berupa bubuk makanan yang tumpah seperti bubuk terigu, bubuk kopi, bubuk coklat, bubuk susu, bubuk agar-agar, gula pasir, segera sapu dan kumpulkan bubuk yang tumpah, kemudian angkat menggunakan pengki. Akan lebih baik jika anda menggunakan mesin vakum untuk mengangkat bubuk yang jatuh sebanyak mungkin. Karena mesin vakum memiliki daya sedot yang kuat sehingga dapat menarik segala kotoran yang ada di permukaan karpet.

Anda tertarik untuk mencoba cara-cara diatas? Kini noda kotoran yang tidak anda kehendaki, dapat anda atasi dengan segera. Untuk noda yang sudah kering, seperti lelehan lilin atau noda anggur dapat anda lihat tips pembersihannya pada artikel kami lainnya.
Artikel Tips sederhana untuk Membersihkan Noda di Karpet

Latest Artikel

9 Tips untuk Menjaga Agar Karpet Rug tetap Bersih dan Sehat9 Tips untuk Menjaga Agar Karpet Rug tetap Bersih dan Sehat
Tip #1 Ketahui Karpet Rug Anda, dan spesifikasi pabrik
Panduan Membersihkan Perabotan A hingga Z
Membersihan Bahan Kain untuk Semua Tipe Furnitur
Usahakan sebisa mungkin
Tips sederhana untuk Membersihkan Noda di Karpet
Apakah anda menggunakan karpet sebagai penutup lantai? Karpet
Logo
Alamat Kantor
Kawasan Mega Grosir Cempaka Mas Blok N No.21
Jl.Letjen. Suprapto
Jakarta 10640 Indonesia
Fax : (021) 42889231
SMS / WA CHAT :
089668127791
Or
Hak Cipta © 2019 - ChemDry Indonesia,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile