logo

Artikel

7 Tips Pintar Merawat Karpet agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

7 Tips Pintar Merawat Karpet agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Karpet menjadi pilihan banyak orang untuk mempercantik dekorasi rumah sekaligus menikmati fungsinya sebagai alas lantai. Agar rumah semakin cantik dan penghuninya nyaman, maka membutuhkan karpet dengan jenis yang beraneka ragam. Setiap karpet memiliki bahan yang berbeda, namun perawatannya tak jauh berbeda. Berikut tips merawat karpet agar awet dan selalu seperti baru.

Tips Merawat Karpet
1. Penempatan Karpet
Karpet sangat mudah terkena debu dan kuman, terlebih lagi jika sering di injak dan duduki. Namun, untuk meminimalisir karpet yang terkena debu berlebihan, maka hindari untuk ditempatkan pada area yang sering ada aktivitasnya. Hindari meletakkan karpet dekat rak sepatu, karena dikhawatirkan debu atau kuman pada rak tersebut akan pindah ke karpet. Cukup letakkan di kamar tidur, ruang kerja atau ruang tamu.
2. Jangan Injak dengan Sepatu
Saat ingin menginjak karpet, buka alas kaki. Sepatu atau sandal memiliki banyak kotoran dan kuman yang mempu merusak keidahan dan kebersihan karpet. Akan lebih baik lagi, pastikan kaki selalu bersih saat menginjak karpet.
3. Pasang Keset
Agar meminimalisir kuman yang masuk ke dalam rumah, maka selalu sediakan keset dan sering-seringlah menggunakan keset. Selain itu, cucilah keset secara rutin agar kuman dan debu tidak mengendap terlalu lama disana. Kuman dan debu bisa terbang terkena udara dan hinggap di karpet bulu Anda.
4. Bersihkan Noda Segera
Jika ada noda pada karpet, maka janganlah di gosok. Hal ini justru akan membuat noda semakin menyebar dan merusak bahan. Anda bisa gunakan mesian uap khusus untuk menghilangkan noda. Cukup arahkan uap ke noda, dan uap panas akan melunakkan noda tersebut sehingga akan bersih lebih cepat. Namun, cara ini hanya berlaku pada noda baru, bukan noda lama yang sudah membekas.
5. Cuci Secara Rutin
Agar karpet tetap terjaga kebersihannya, maka cucilah minimal dua kali setahun. Sangat disarankan untuk mencuci karpet saat musim panas dengan sinar matahari langsung, maka akan kering sempurna. Karpet yang lembab akan menjadi sarang bakteri dan kuman dan memunculkan bau tak sedap.
6. “Ramuan” untuk Noda Karpet
Jika ada noda para karpet, coba bersihkan dengan bahan alami. Campur jus lemon, garam, air dan cuka lalu semprotkan dan bersihkan noda tersebut. Ramuan ini mampu membantu mengangkat noda di karpet dengan lebih mudah.
7. Vakum
Untuk perawatan harian, maka Anda bisa bersihkan dengan vacuum cleaner setiap pagi dan malam hari. Setiap melakukan aktivitas di atas karpet, maka selalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Mudah bukan melakukan perawatan karpet? Dengan karpet yang selalu bersih, maka keluarga juga akan terhindar dari debu dan kuman. Maka, keluarga juga akan terhindar dari ancaman penyakit yang berasal dari debu dan kotoran.
Agar karpet makin bersih, Anda juga bisa menggunakan jasa pembersihan karpet. Dengan menggunakan jasa pembersihan karpet, maka akan digunakan teknik yang tepat dan juga cairan pembersih yang lebih baik.

Dikutip dari : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3189221/7-tips-pintar-merawat-karpet-agar-tetap-bersih-dan-tahan-lama
Artikel 7 Tips Pintar Merawat Karpet agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

More News

~blog/2024/2/2/upholstery cleaning maintenanceMENCUCI BAHAN KAIN: MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN PERABOTAN
Mulai dari sofa, kursi malas
~blog/2023/12/6/5 tips5 TIPS PERAWATAN KARPET DI ANTARA SELA WAKTU PEMBERSIHAN OLEH PROFESIONAL
Jika memutuskan untuk mendekorasi
~blog/2023/10/10/benefit cleaning4 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN JASA PEMBERSIH JOK
Anda masih ingat kondisi saat furniture anda pertama kali dikirim?
Logo
Facebook
Twitter
Instagram
Alamat Kantor
Kawasan Mega Grosir Cempaka Mas Blok N No.21
Jl.Letjen. Suprapto
Jakarta 10640 Indonesia
Fax : (021) 42889231
SMS / WA CHAT :
089668127791
Or
Desktop Version
Hak Cipta © 2019 - ChemDry Indonesia
Jasa Pembuatan Website by IKT